F.A.Q


1. Apakah PLN mengizinkan, karena akan mengurangi pendapatan PLN?
PLTS Atap diatur oleh Kementerian ESDM, sehingga tidak ada masalah dengan PLN.

2. Bagaimana cara kerjanya PLTS Atap / apakah ini menggantikan PLN?
Sistem ini bekerja secara paralel dengan PLN. Tidak menggantikan PLN tetapi hanya mengurangi pemakaian PLN selama produksinya dengan melakukan sinkronisasi produksi PLTS Atap dengan PLN.

3. Berapa jam PLTS Atap bisa berjalan?
Sistem ini beroperasi sekitar pukul 06.00-18.00, namun pada jam-jam tersebut energi yang dihasilkan akan berbeda-beda bergantung pada intensitas dan posisi matahari.

4. Apa yang terjadi jika PLN mati, apakah PLTS Atap dapat menghasilkan listrik?
Karena PLTS Atap bekerja secara paralel dan membutuhkan referensi kualitas listrik, maka pada saat PLN mati maka sistem juga akan mati karena referensi PLN menjadi nol.

5. Saat genset menyala, apakah PLTS Atap masih dapat beroperasi?
Kapasitas genset harus jauh lebih besar dari pada kapasitas PLTS Atap yang dipasang agar PLTS Atap dapat bekerja secara otomatis. PLTS Atap mengikuti standar kode grid, jadi jika genset Anda juga mengikuti standar kode grid, maka pada saat genset beroperasi maka PLTS Atap juga akan beroperasi.

6. Berapa % konsumsi listrik yang dapat saya hasilkan dari PLTS Atap?
Bergantung pada profil beban Anda, area atap yang tersedia, dan lokasi Anda (terkait dengan tingkat penyinaran sinar matahari), PLTS Atap dapat menghasilkan sekitar 25-30% dari konsumsi listrik Anda saat ini.

7. Berapa lama panel surya / inverter / sistem bertahan?
Panel surya memiliki garansi kinerja selama 25 tahun dan panel pertama di tahun 1970-an masih berjalan. Inverter bisa bertahan 8-10 tahun. Jika Anda menggunakan skema Sewa Xurya, maka semua perbaikan dan penggantian material termasuk dalam perjanjian Sewa.

8. Berapa biaya pemeliharaan PLTS Atap dan seberapa sering dilakukan pemeliharaan?
Gratis selama masa sewa dengan opsi Xurya Lease dan Flexi Lease dan secara umum paling tidak dilakukan setiap 3 bulan.

9. Jenis perawatan apa yang akan dilakukan Xurya?
- Tahap Umum : Membersihkan, Memeriksa, dan Perbaikan ringan. - Tahap Premium : Pembersihan, Pemeriksaan, Perbaikan, dan Penggantian peralatan, termasuk panel surya dan inverter.

10. Bagaimana dengan kualitas listrik dari PLTS Atap?
Inverter akan beroperasi pada Standar yang digunakan oleh PLN. Sehingga kualitas daya dari inverter (PLTS Atap) akan sinkron (sama) dengan PLN dan akan mati secara otomatis apabila ada gangguan di jaringan listrik PLN.

11. Apakah PLTS Atap akan mengganggu jaringan listrik PLN?
Kami hanya memakai inverter yang cocok dengan kode jaringan PLN, artinya inverter akan melakukan sinkronisasi dengan daya PLN, dan secara otomatis mati jika ada masalah di jaringan listrik PLN.

12. Dapatkah saya memasang PLTS di atas tanah kosong / lapangan ?
Ya, Anda bisa. (Harap dicatat akan ada biaya tambahan pada struktur).

13. Apakah PLTS Atap mempengaruhi kualitas atap?
Tidak. Kami menggunakan metode pemasangan yang tidak merusak atap. Bisa dengan clip-on, L-fit, atau menggunakan ballast.

14. Bagaimana jika pelanggan ingin memperbaiki / mengganti atap selama masa sewa?
Kami hanya memasang PLTS Atap di atas atap yang berkualitas baik. Jika pelanggan ingin mengganti atap selama masa sewa, kami dapat membantu untuk melepas dan memasang kembali PLTS Atap tetapi biaya akan ditanggung oleh pelanggan.

15. Berapa meter persegi yang dibutuhkan untuk panel surya?
Secara umum panel surya memiliki luas 2 meter persegi (2 m x 1 m) untuk kapasitas sebesar 450 Wp. Namun mengingat keperluan untuk perawatan, untuk kapasitas PLTS Atap sebesar 1 kWp diperlukan luas atap sekitar 7-10 meter persegi.

16. Berapa berat panel surya? Bisakah atap saya menopangnya?
Berat panel surya sekitar 15 kg per meter persegi (termasuk struktur). Pemasangan panel surya dilakukan di atas gording, sehingga kekuatan penopang berasal dari struktur, bukan atap. Jika seseorang bisa naik ke atap Anda, berarti atap Anda pasti bisa menopang panel surya.

17. Apakah panel surya menyebabkan efek silau? (pertanyaan umum di lokasi dekat bandara)
Tidak ada efek silau dari panel surya karena panel surya berfungsi menyerap cahaya dan tidak memantulkan cahaya.

18. Seberapa besar volume inverter dan apakah ada persyaratan khusus untuk penempatannya?
Kami menggunakan “string inverter”, yang biasanya berukuran 1,0 m x 0,5 m x 0,3 m, dengan berat 15-20 kg. Secara umum “string inverter” dapat dipasang di dinding dengan menggunakan braket. (Dinding harus kuat menahan beban inverter ini).

19. Izin / lisensi apa yang dibutuhkan oleh PLTS Atap?
Izin Operasional untuk Inverter ukuran di atas 500 KVA.

20. Bagaimana cara kerja ekspor-impor listrik ke dan dari PLN?
- Ekspor tenaga listrik ke jaringan listrik PLN hanya terjadi jika terdapat kelebihan listrik yang dihasilkan oleh PLTS Atap yang tidak terserap oleh pengguna. Biasanya saat akhir pekan saat fasilitas dimatikan. - Anda dapat mengekspor kelebihan listrik ini ke jaringan listrik PLN dengan memasang net-meter untuk menggantikan meteran PLN lama Anda. - Ketika ekspor terjadi, ekspor listrik Anda akan dihargai 65% dari TDL (Tarif Dasar Listrik) dan akan digunakan sebagai pengurangan tagihan bulanan PLN Anda. - Jika listrik dari jaringan adalah Tegangan Menengah (I3 / B3), maka pelanggan perlu memasang trafo step up untuk mengekspor listrik yang dihasilkan PLTS Atap (Low Voltage) ke jaringan listrik PLN.